Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) 2022

Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat ( PAKEM ) Tahun 2022 di Gedung Graha Bina Praja Kabupaten Lebong, Kamis (19/05/22). Rapat koordinasi dihadiri serta dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi bersama Kejari Lebong, Kodim, Kapolres Lebong, Ketua BMA, Ketua MUI, Kapolsek Sekabupaten Lebong, Kejaksaan, Dan Camat Se-kabupaten Lebong.

Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) ini sebagai sarana bertukar pikiran antara forum lintas agama dan kepercayaan di Kab. Lebong, serta menjadi sarana untuk mencari solusi dan antisipasi dini dari potensi-potensi masalah yang akan timbul dikarenakan munculnya penyimpangan-penyimpangan terhadap ajaran agama dan kepercayaan yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan mengganggu ketertiban umum serta mengancam ideologi Negara di wilayah Kabupaten Lebong.

Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi dalam sambutannya berharap segenap tembus pakem dapat proaktif serta serius dalam mengawasi ataupun mentolerir hal-hal yang dapat memicu terjadinya konflik atau gesekan paham yang tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh negara kesatuan Republik Indonesia.

” jika menjumpai organisasi atau komunitas yang didalamnya terdapat aliran kepercayaan yang mencurigakan, mari kita atasi dan menjaga organisasi yang dimiliki agar tidak sesat dan mengembangkan sikap toleransi serta saling menghargai antar warga”, ujar Wabup.

Selain itu, Wabup juga mengatakan agar tim Pakem dapat Mendeteksi Dini perkembangan isu dan fenomena adanya aliran-aliran yang ada di tengah masyarakat yang perlu diwaspadai karena aliran itu cukup mudah dipelajari dari perangkat teknologi atau internet, oleh karena itu diperlukan upaya preventif untuk menghindari perpecahan radikalisme dan diharapkan mampu melakukan pendataan dan validasi terhadap seluruh aliran-aliran atau perkumpulan keagamaan yang ada di tengah masyarakat.